TUGAS
EVALUASI (SOAL DAN RUBRIK)
MATERI
: BARISAN DAN DERET
SOAL PEMECAHAN MASALAH
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
SOAL :
Syifa
suka memotong – motong kertas. Mula –
mula ia memotong kertas menjadi 10 potong, kemudian selembar dari 10 potong
tersebut dipotong lagi menjadi 10
potong. Kegiatan tersebut terus dilakukan sehingga jumlah potongan seluruhnya
menjadi 352. Tentukan berapa kali Syifa menggunting, jka untuk memotong kertas menjadi
10 potong dilakukan 3 kali pengguntingan.
Jawab :
Jumlah
potongan kertas yang diperoleh, setelah
Potongan
ke - 1
|
Potongan ke
- 2
|
Potongan ke -
3
|
. . . . .
|
Potongan ke
- n
|
10
|
19
|
28
|
. .
. . . . .
|
352
|
Dengan
:
19
dari 9 + 1(jadi 10) = 9 + 10 = 19
28
dari 18 + 1(jadi 10) = 18 + 10 = 28, dst
Jika
diperhatikan barisan bilangan yang diperoleh adalah
10, 19,
28, . .
. . , 352
merupakan
barisan aritmatika, dengan a = 10, b = 9
dan Un = 352, sehingga didapat Un = 9n + 1
untuk
Un = 352, maka 9n + 1 = 352
9n =
351
n
= = 39 (39 kali pemotongan)
Karena
setiap 1 x potong = 3 x gunting, maka 39
x memotong diperlukan
39 x 3 (kali gunting) = 117 kali gunting
Jadi
: Syifa menggunting sebanyak 117 kali untuk mendapatkan 352 potongan kertas.
Berdasarkan
jawaban di atas maka dapat diberi skor dengan menggunakan Rubrik Analitik,
yaitu :
RUBRIK
PENILAIAN PEMECAHAN MASALAH
Keterangan
|
Kriteria Umum
|
Nilai
|
Pemecahan
masalah
Perencanaan
strategi
Jawaban
yang didapat
|
Tidak
memahami
Memahami
sebagian
Dapat
memahami
Strategi
salah
Sebagian
strategi benar
Semua
strategi benar
Jawaban
salah
Sebagian
jawaban benar
Jawaban
benar
|
0
3
6
0
3
6
0
3
6
|
Untuk
jawaban di atas dapat diberikan skor berdasarkan Rubrik Analitik, yaitu :
·
Pemahaman
masalah,
Skor = 6, memahami
masalah yang diberikan
·
Perencanaan
strategi
Skor = 6, strategi yang
digunakan tepat, dengan membuat pola bilangan
·
Jawaban
yang didapat
Skor = 6, jawaban
benar.
SOAL PENALARAN
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.
SOAL :
Perhatikan
gambar di bawah ini, jika panjang sisi pada persegi terbesar adalah 1 satuan panjang dan persegi berikutnya
diperoleh dengan cara menghubungkan semua titik tengan pada ke empat sisinya.
Tentukan luas daerah yang diarsir.
Jawab :
Llll
·
Diketahui persegi
terbesar mempunyai panjang sisi 1 satuan panjang, berarti luasnya = 1 satuan
luas. Daerah L1 yang diarsir = satuan luas.
·
Luas daerah L2
adalah dari L1 atau L2 =
·
Luas daerah L3
adalah dari L2 atau L3 =
·
Luas daerah L3
adalah dari L3 atau L4 =
·
Luas daerah L2
adalah dari L4 atau L5 =
Maka
luas daerah yang diarsir adalah :
L
= L1 + L2 + L3 + L4 + L5 =
=
Jadi
luas daerah yang diarsir adalah satuan luas.
Berdasarkan
jawaban di atas maka dapat diberi skor dengan menggunakan Rubrik Penalaran,
yaitu
RUBRIK
PENILAIAN PENALARAN
Level
|
kategori
|
0
1
2
3
4
|
Bukan
jawaban yang sesuai. Tidak menggunakan istilah – istilah dalam bahasa
pemgukuran, data dan peluang, aljabar, geometrid an bilangan
Jawaban
salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan
Jawaban
benar, tetapi penalarannya tidak lengkap atau tidak jelas
Jawaban
benar dan penelaran baik. Penjelsannya lebih lengkap dari level 2, tetapi
mengandalkan pada pengetahuna konkret atau visual dari pengetahuan abstrak.
Jawaban
sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar, geometri
dan bilangan.
|
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik Penalaran, yaitu :
Level = 4,
Karena jawaban
sempurna, menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar, geometri dan
bilangan. Menggunakan penalaran yaitu luas persegi terbesar kedua adalah setengah dari luas
persegi terbesar pertama atau L2 = L1 dan
seterusnya.
SOAL
KOMUNIKASI
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.
SOAL :
Sebuah
bola tenis dijatuhkan ke lantai dari suatu tempat dengan ketinggian 3 meter.
Setiap kali pantulan bola mencapai dari ketinggian sebelumnya. Tentukan jarak
yang ditempuh bola sampai berhenti.
Jawab
:
·
Buat sketsa dari bola
yang dijatuhkan lalu memantul
3m
2m
Dst
·
Jarak yang ditempuh bola
sampai berhenti adalah jarak yang ditempuh bola untuk turun dan jarak yang
ditempuh bola untuk memantul (bola naik), berarti jumlah pantulan yang terjadi
tidak dapat ditentukan, maka akan terbentuk deret geometri tak hingga.
·
Untuk bola turun,
diperoleh deret : 3 + 2 + ,
. . . ., berarti a = 3 dan r = .
Maka
jarak yang ditempuh bola untuk turun adalah :
S turun =
·
Untuk bola naik,
diperoleh deret : 2 + + . . . ., berarti a = 2 dan r =
Maka jarak yang
ditempuh bola untuk naik adalah :
S naik =
·
Maka jarak yang
ditempuh bola sampai berhenti adalah :
S = jarak tempuh bola
turun + jarak tempuh bola naik
S = 9 m + 6 m
S = 15 meter.
Berdasarkan
jawaban di atas maka dapat diberi skor dengan menggunakan Rubrik Komunikasi,
yaitu :
RUBRIK
PENILAIAN KOMUNIKASI
Level
|
kategori
|
0
1
2
3
4
|
Bukan
jawaban yang sesuai. Tidak menggunakan istilah – istilah dalam bahasa pengukuran,
data dan peluang, aljabar, geometri dan bilangan
Jawaban
salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan
Jawaban
benar, tetapi penalarannya tidak lengkap atau tidak jelas
Jawaban
benar dan penelaran baik. Penjelsannya lebih lengkap dari level 2, tetapi
mengandalkan pada pengetahuna konkret atau visual dari pengetahuan abstrak.
Jawaban
sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar,
geometri dan bilangan.
|
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik Penalaran, yaitu :
Level = 4,
Karena jawaban
sempurna, menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar, geometri dan
bilangan. Menggunakan konsep komunikasi yaitu dengan mengkomunikasikan soal
kebentuk gambar.
SOAL KONEKSI
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika
SOAL :
Sisi
– sisi sebuah segitiga siku – siku membentuk sebuah barisan aritmatika. Jika
sisi miring panjangnya 20 cm, hitunglah sisi – sisi lainnya.
Jawab :
A
a 20 cm
B ( a + b) C
Misalkan barisan
aritmatika yang dibentuk oleh sisi – sisi segitiga siku – siku ABC adalah
a, (a+b), (a + 2b), dengan a + 2b = 20
(sisi miring)
a
+ 2 b = 20
a = 20 – 2b
Dengan menggunakan
Dalil Phytagoras :
a2 + (a + b)2
= (a + 2b)2
(20 – 2b)2 +
(20 – 2b + b)2 = 202
400 – 80b + 4b2
+ (20 – b)2 = 400
400 – 80b + 4b2
+ 400 – 40b + b2 = 400
5b2 – 120b +
400 = 0
b2 – 24 + 80
= 0
(b – 20)(b – 4) = 0
b = 20 dan b = 4
b = 20 (tidak memenuhi,
karena sama dengan sisi miring)
jadi nilai b yang
memenuhi adalah b = 4 cm
b = 4 cm maka a = 20 –
2b
a = 20 – (2)(4)
a = 20 – 8
a = 12
jadi panjang dua sisi
segitiga siku – siku yang lainnya adalah 12 cm dan 16 cm
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik , yaitu :
RUBRIK
PENILAIAN KONEKSI
No
|
Skor
|
Kriteria
|
Ciri
– ciri jawaban
|
1.
2.
3.
4.
|
4
3
2
1
|
Jawaban
lengkap
Jawaban
menggambarkan kompetensi dasar
Jawaban
sebagian benar
Jawaban
hanya sekedar upaya mendapatkan jawaban.
|
1. Jawaban
yang dikemukakan lengkap dan benar
2. Menggambarkan
problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi.
3. Jika
respon yang dinyatakan terbuka, semua jawaban benar.
4. Hasil
digambarkan secara lengkap
5. Kesalahan
kecil, misalnya pembulatan mungkin ada
1. Jawaban
yang dikemukakan dan benar
2. Menggambarkan
problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi.
3. Jika
respon yang dinyatakan terbuka, hamper semua jawaban benar.
4. Hasil
dijelaskan
5.
Kesalahan kecil, yang matematikanya
mungkin ada
1. Beberapa
jawaban mungkin sudah dihilangkan
2. Menggambarkan
problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi.
3. Terlihat
kurangnya tingkat pemikiran yang tinggi.
4. Kesimpulan
yang dinyatakan namun tidak akurat
5. Beberapa
batasan mengenai pemahaman konsep matematika digambarkan.
6. Kesalahan
kecil yang matematikanya mungkin kecil
1. Jawaban yang
dikemukakan namun tidak pernah mengembagkan ide – ide matematika
1.
Masih kurang ide dalam problem solving,
reasoning serta kemampuan komunikasi
2.
Beberapa perhitungan dinyatakan salah.
|
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik , yaitu :
Skor = 4,
Karena jawaban
lengkap. Jawaban yang dikemukakan
lengkap dan benar, menggambarkan problem
solving, reasoning serta kemampuan komunikasi, dan respon yang dinyatakan
terbuka, semua jawaban benar serta hasil digambarkan secara lengkap.
SOAL REPRESENTASI
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
SOAL :
Pada
malam pertunjukkan dalam rangka membantu korban bencana alam, ruangan tempat
duduk untuk para penonton dibagi atas beberapa baris. Masing – masing baris
terdiri dari 200 tempat duduk. Harga karcis baris terdepan Rp. 150.000,00 per
orang dan harga kacis baris paling belakang sebesar Rp. 50.000,00 per orang.
Selisih harga karcis untuk tiap baris itu sama. Jika semua karcis habis terjual
maka panitia berharap akan memperoleh uang sebesar Rp. 120.000.000,00. Berapakah
harga karcis per orang dari sebelum baris paling belakang?
Jawab :
Karena
selisih harga karcis untuk tiap baris selalu sama maka masalah itu akan
diselesaikan menggunakan deret aritmatika. Perolehan uang dari karcis kelompok
paling depan sebagai suku pertama (a) dan perolehan uang dari karcis kelompok
palinh belakang sebagai suku terakhir (Un).
a = (200)(150.000) = 30.000.000
Un
= (200)(50.000) = 10.000.000
Sn
= 120.000.000
Ruangan
tempat duduk dibagi atas 6 kelompok, maka harga karcis sebelum kelompok paling
belakang adalah merupakan suku kelima (U5).
Jadi harga karcis per orang pada baris
sebelum baris paling belakang adalah
Rp. 70.000,00
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik , yaitu :
RUBRIK PENILAIAN REPRESENTASI
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan
perhitungan
|
· Banyak kesalahan
perhitungan
|
·
Ada
beberapa kesalahan perhitungan
·
Salah
menggunakan rumus
|
·
Sangat
sedikit melakukan kesalahan perhitungan
·
Penggunaan
rumus sudah benar
|
·
Sangat
sedikit melakukan kesalahan perhitungan
·
Penggunaan
rumus sudah tepat
·
Penyelesaian
disajikan dengan rapi dan baik
|
Penjelasan
|
· Tidak jelas
· Tidak memahami pola
barisan dan deret aritmatika
|
·
Meragukan
·
Ada
pemahaman pola
|
·
Ditulis
dengan jelas
·
Memahami
satu aspek hubungan suku ke – n dengan jumlah n suku pertama
|
·
Ditulis
dengan jelas
·
Memahami
kedua aspek hubungan suku ke – n dengan banyak suku ke - n
|
Jawaban
yang didapat
|
· Tidak benar sama sekali atau tidak menjawab
sama sekali
· Tidak menggambarkan
representasi dengan dunia nyata atau dengan symbol matematika
|
·
Sebagian
jawaban benar
·
Sedikit
menggambarkan representasi dengan dunia nyata atau dengan symbol matematika
|
·
Jawaban
hampir sebagian besar benar
·
Hampir
sebagian besar menggambarkan representasi dengan dunia nyata atau dengan
symbol matematika
|
·
Jawaban
yng diperoleh benar dan tepat
·
Sudah
menggambarkan representasi dengan dunia nyata atau dengan symbol matematika
|
Dengan menggunakan
rubrik penilaian Representasi di atas maka dapat dinilai jawaban mengenai
persoalan taman kanak-kanak di atas yaitu :
·
Ketepatan
Perhitungan
Nilai = 4 karena
penggunaan rumus sudah benar dan perhitungan sudah tepat sesuai jumlah n suku
pertama pada deret aritmatika..
·
Penjelasan
Nilai = 4 karena
penjelasan ditulis dengan jelas dan memahami hubungan antara suku ke – n dengan
jumlah n suku pertama pada deret aritmatika.
·
Jawaban
yang didapat
Nilai = 4 karena
jawaban yang diperoleh benar dan tepat dan dapat menggambarkan representasi
dengan symbol matematika yaitu symbol untuk suku ke – n dan jumlah n suku
pertama.
SOAL UNJUK KERJA
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.
SOAL :
Diagram
di bawah ini menunjukkan tiga langkah pertama pola yang mengarah ke suatu fraktal
yang dikenal sebagai Segitiga
Sierpingski. Fraktal adalah adalah bentuk geometri kompleks yang
dihasilkan dengan cara mengulangi proses – proses geometri sampai tak hingga
kali.
Untuk
mendapatkan Segitiga Sierpingski ,
proses yang dilakukan adalah :
·
Tentukan titik tengah
sisi – sisi segitiga yang tidak diarsir
·
Hubungkan titik – titik
tersebut sehingga membentuk segitiga baru dan arsir
·
Ulangi terus proses
tersebut.
a.
Gambarkan langkah berikutnya
dari pola di bawah ini.
b.
Jika luas segitiga yang
tidak diarsir (pada langkah 1) adalah 1
satuan luas, berapa luas daerah yang tidak diarsir pada:
1).
Langkah 2
2). Langkah 3
3). Langkah 4
4).
Langkah 5
5). Langkah 10
6). Langkah n, dimana n adalah bilangan asli.
c.
Kapan diperoleh luas daerah yang diarsir
terbesar? Berikan alasan yang jelas!
Konsep matematika
Untuk
menyelesaikan tugas ini, siswa harus menemukan pola – pola sehingga dapat
menentukan luas daerah yang tidak diarsir pada langkah ke – n.
Penyelesaian
a.
b. Jika
luas segitiga yang tidak diarsir (pada
langkah 1) adalah 1 satuan luas, maka luas daerah yang tidak diarsir pada :
1).
Langkah 2 adalah
2). Langkah 3 adalah
3). Langkah 4 adalah
4).
Langkah 5 adalah
5). Langkah 10 adalah
6). Langkah n, dimana n adalah bilangan asli
adalah
c.
Luas
daerah yang tidak diarsir semakin lama semakin kecil dengan semakin
bertambahnya nilai n. Ketika n maka .
Oleh karena itu luas daerah yang diarsir ketika n adalah satu dikurangi nol atau sama dengan
satu.
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik , yaitu :
RUBRIK
PENILAIAN UNJUK KERJA
Skor
|
Kriteria
|
Ciri
– ciri
|
4
3
2
1
0
|
Jawaban
jelas dan menunjukkan alasan berdasarkan pengetahuan matematika mendalam yang
berhubungan dengan tugas ini.
Jawaban
menunjukkan pengetahuan matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas
ini.
Jawaban
menunjukkan keterbatasan atau kurangnya pengetahuan matematika yang
berhubungan dengan masalah ini.
Jawaban
hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan matematika
yang berhubungan dengan masalah ini.
Jawaban
menunjukkan sama sekali tidak ada pengetahuan matematika yang berhubungan
dengan masalah ini.
|
Semua
pemgetahuan dijawab dengan benar dan memberikan alasan yang layak untuk
bagian c. sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima.
Bagian
a dan b benar, tetapi jawaban c tidak tepat atau alasan lemah.
Bagian
a benar, bagian b tidak benar atau tidak lengkap, jawaban benar tetapi alasan
lemah atau bagian a salah tetapi semua atau
hampir semua jawaban bagian b benar berdasarkan kesalahan dari bagian dari
bagian a, dan jawaban c lemah.
Paling
sedikit 2 bagian jawaban salah atau menunjukkan salah konsep.
Semua
jawaban tidak ada yang benar.
|
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik , yaitu :
Skor = 4,
Karena semua jawaban
sempurna, menunjukkan alasan berdasarkan pengetahuan matematika yang mendalam.
SOAL INVESTIGASI
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi pola, barisan dan deret bilangan/
SOAL :
Perhatikan
gambar susuna korek api berikut :
Gambar 1 Gambar2 Gambar
3
Berapakah
banyak batang korek api yang diperlukan untuk menyusun n buah segitiga seperti
pada gambar di atas ?
Jawab :
Untuk
menentukan banyak korek api yang digunakan untuk membentuk n segitiga
dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
Banyak
Segitiga
|
Banyak
Batang Korek Api
|
Pola
bilangan (Un)
|
1
|
3
|
(2).(1) + 1
|
2
|
5
|
(2).(2) + 1
|
3
|
7
|
(2).(3) + 1
|
4
|
9
|
(2).(4) + 1
|
5
|
11
|
(2).(4) +1
|
6
|
13
|
(2).(5) + 1
|
.
.
|
.
.
|
.
.
|
n
|
|
2n + 1
|
Dari
tabel diperoleh banyak korek api yang dibutuhkan untuk membentuk n bua segitiga
adalah sebanyak (2n + 1) buah korek api.
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik Investigasi , yaitu :
RUBRIK
PENILAIAN INVESTIGASI
Level
|
Kriteria
Khusus
|
Catatan
|
4
3
2
1
|
· Menunjukkan
pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
· Gambar
yang dibuat benar ( sesuai dengan susunan)
· Menggunakan
strategi – strategi yang sesuai
· Tabelnya
lengkap dan benar
· Kesimpulan
benar
· Menunjukkan
pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
· Gambar
yang dibuat sebagiab besar benar ( sesuai dengan susunan)
· Menggunakan
strategi – strategi yang sesuai
· Tabelnya
lengkap dan benar
· Kesimpulan
benar
· Menunjukkan
pemahaman terhadap sebagian konsep pola bilangan
· Gambar
yang dibuat kurang benar
· Menggunakan
strategi yang kurang sesuai
· Tabelnya
sebagian benar
· Kesimpulannya
kurang benar
· Menunjukkan
sedikit atau tidak ada pemahaman
konsep pola bilangan
· Gambar
tidak benar atau tidak cocok
· Menggunakan
strategi yang tidak sesuai
· Tabelnya
data tidak benar
· Kesimpulannya
tidak benar
|
|
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik Investigasi, yaitu :
Level = 4,
Karena adanya pemahaman
konsep yangblebih terhadap konsep pola bilangan, gambar yang digunakan benar,
strategi sesuai, tabel lengkap dan kesimpulan benar.
SOAL PROYEK
Materi
pokok : Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas
: XI SMK
Standar
Kompetensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi pola, barisan dan deret bilangan
SOAL :
Silsilah
keluarga Aira dinyatakan dengan diagram pohon di bawah ini:
Generasi ke - 1
Generasi ke – 2
Dari
diagram di atas, tentukan :
1.
Berapa jumlah kakek –
nenek dari Aira?
2.
Berapa jumlah kakek –
nenek buyut dari Aira?
3.
Berapa jumlah generasi
ke belakang dari nenek moyang Aira, dari n nenek moyang yang pernah hidup
sebelumnya?
Jawab :
1.
Jumlah kakek – nenek
dari Aira ada sebanyak 4 orang
2.
Jumlah kakek – nenek
buyut dari Aira adalah sebanyak 2 x 4 orang = 8 orang
3.
Berapa generasi ke
belakang Aira mempunyai 1024 nenek moyang yang pernah hidup sebelumnya, dapat dilihat pada
tabel di bawah ini :
Generasi
ke belakang
|
Banyak
orang dalam generasi
|
Pola
|
0
|
1
|
|
1
|
2
|
|
2
|
4
|
|
3
|
8
|
|
4
|
16
|
|
.
.
|
.
.
|
.
.
|
n
|
.
|
|
Aira
mempunyai 1024 orang nenek – moyang yaitu pada n generasi ke belakang, dimana :
Jadi
Aira mempunyai 1024 orang nenek – moyang pada generasi 10 ke belakang.
RUBRIK
PENILAIAN PROYEK
Level
|
Kriteria
Khusus
|
Catatan
|
4
3
2
1
|
· Menunjukkan
pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
· Gambar
yang dibuat benar ( sesuai dengan susunan)
· Menggunakan
strategi – strategi yang sesuai
· Tabelnya
lengkap dan benar
· Kesimpulan
benar
· Menunjukkan
pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
· Gambar
yang dibuat sebagiab besar benar ( sesuai dengan susunan)
· Menggunakan
strategi – strategi yang sesuai
· Tabelnya
lengkap dan benar
· Kesimpulan
benar
· Menunjukkan
pemahaman terhadap sebagian konsep pola bilangan
· Gambar
yang dibuat kurang benar
· Menggunakan
strategi yang kurang sesuai
· Tabelnya
sebagian benar
· Kesimpulannya
kurang benar
· Menunjukkan
sedikit atau tidak ada pemahaman konsep
pola bilangan
· Gambar
tidak benar atau tidak cocok
· Menggunakan
strategi yang tidak sesuai
· Tabelnya
data tidak benar
· Kesimpulannya
tidak benar
|
|
Berdasarkan
jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan
Rubrik Investigasi, yaitu :
Level = 4,
Karena adanya pemahaman
konsep yang lebih terhadap konsep pola bilangan, gambar yang digunakan benar,
strategi sesuai, tabel lengkap dan kesimpulan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar