Translate

Jumat, 01 Mei 2015

STANDAR PROSES ( SOAL DAN RUBRIK )

TUGAS EVALUASI (SOAL DAN RUBRIK)
MATERI : BARISAN DAN DERET

SOAL PEMECAHAN MASALAH
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
SOAL :
Syifa suka memotong – motong kertas.  Mula – mula ia memotong kertas menjadi 10 potong, kemudian selembar dari 10 potong tersebut dipotong lagi  menjadi 10 potong. Kegiatan tersebut terus dilakukan sehingga jumlah potongan seluruhnya menjadi 352. Tentukan berapa kali Syifa menggunting, jka untuk memotong kertas menjadi 10 potong dilakukan 3 kali pengguntingan.
Jawab :
Jumlah potongan kertas yang diperoleh, setelah
Potongan       ke - 1
Potongan       ke - 2
Potongan       ke - 3
. . . . .
Potongan       ke - n
10
19
28
. . . . . . .
352

Dengan :
19 dari 9 + 1(jadi 10) = 9 + 10 = 19
28 dari 18 + 1(jadi 10) = 18 + 10 = 28, dst
Jika diperhatikan barisan bilangan yang diperoleh adalah
10,  19,  28,  .  .  .  . , 352
merupakan barisan aritmatika, dengan a = 10,  b = 9 dan Un = 352, sehingga didapat Un = 9n + 1
untuk Un = 352, maka   9n + 1 = 352
                                       9n        = 351
                                          n       =  = 39 (39 kali pemotongan)
Karena setiap 1 x potong = 3 x gunting, maka 39  x memotong diperlukan            39 x 3 (kali gunting) = 117 kali gunting
Jadi : Syifa menggunting sebanyak 117 kali untuk mendapatkan 352 potongan kertas.
Berdasarkan jawaban di atas maka dapat diberi skor dengan menggunakan Rubrik Analitik, yaitu :
RUBRIK PENILAIAN PEMECAHAN MASALAH
Keterangan
Kriteria Umum
Nilai
Pemecahan masalah



Perencanaan strategi



Jawaban yang didapat
Tidak memahami
Memahami sebagian
Dapat memahami

Strategi salah
Sebagian strategi benar
Semua strategi benar

Jawaban salah
Sebagian jawaban benar
Jawaban benar
0
3
6

0
3
6

0
3
6

Untuk jawaban di atas dapat diberikan skor berdasarkan Rubrik Analitik, yaitu :
·         Pemahaman masalah,
Skor = 6, memahami masalah yang diberikan
·         Perencanaan strategi
Skor = 6, strategi yang digunakan tepat, dengan membuat pola bilangan
·         Jawaban yang didapat
Skor = 6, jawaban benar.

SOAL PENALARAN
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.
SOAL :
Perhatikan gambar di bawah ini, jika panjang sisi pada persegi terbesar adalah      1 satuan panjang dan persegi berikutnya diperoleh dengan cara menghubungkan semua titik tengan pada ke empat sisinya. Tentukan luas daerah yang diarsir.
Jawab :
                                                                  
                                                                                                                             
       
                                                                                                                              
                                                                                                                                                                                                            
                                                                                                                                                                                                                         
                                                                                            Llll                                                                  


           
·         Diketahui persegi terbesar mempunyai panjang sisi 1 satuan panjang, berarti luasnya = 1 satuan luas. Daerah L1 yang diarsir =  satuan luas.
·         Luas daerah L2 adalah  dari L1 atau L2 =
·         Luas daerah L3 adalah  dari L2 atau L3 =
·         Luas daerah L3 adalah  dari L3 atau L4 =
·         Luas daerah L2 adalah  dari L4 atau L5 =
Maka luas daerah yang diarsir adalah :
L = L1 + L2 + L3 + L4 + L5 = =
Jadi luas daerah yang diarsir adalah   satuan luas.
Berdasarkan jawaban di atas maka dapat diberi skor dengan menggunakan Rubrik Penalaran, yaitu
RUBRIK PENILAIAN PENALARAN
Level
kategori
0



1

2

3



4
Bukan jawaban yang sesuai. Tidak menggunakan istilah – istilah dalam bahasa pemgukuran, data dan peluang, aljabar, geometrid an bilangan

Jawaban salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan

Jawaban benar, tetapi penalarannya tidak lengkap atau tidak jelas

Jawaban benar dan penelaran baik. Penjelsannya lebih lengkap dari level 2, tetapi mengandalkan pada pengetahuna konkret atau visual dari pengetahuan abstrak.

Jawaban sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar, geometri dan bilangan.

Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik Penalaran, yaitu :
Level = 4,
Karena jawaban sempurna, menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar, geometri dan bilangan. Menggunakan penalaran yaitu luas persegi  terbesar kedua adalah setengah dari luas persegi terbesar pertama atau L2 =  L1 dan seterusnya.

SOAL KOMUNIKASI
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.

SOAL :
Sebuah bola tenis dijatuhkan ke lantai dari suatu tempat dengan ketinggian 3 meter. Setiap kali pantulan bola mencapai   dari ketinggian sebelumnya. Tentukan jarak yang ditempuh bola sampai berhenti.





Jawab :
·         Buat sketsa dari bola yang dijatuhkan lalu memantul
 




    3m
                   2m
                                                          
                                                                                                
                                                                                                                         Dst
·         Jarak yang ditempuh bola sampai berhenti adalah jarak yang ditempuh bola untuk turun dan jarak yang ditempuh bola untuk memantul (bola naik), berarti jumlah pantulan yang terjadi tidak dapat ditentukan, maka akan terbentuk  deret geometri tak hingga.
·         Untuk bola turun, diperoleh deret : 3 + 2 + , . . . ., berarti a = 3 dan r = .
Maka jarak yang ditempuh bola untuk turun adalah :
S turun =
·         Untuk bola naik, diperoleh deret : 2 +  + . . . ., berarti a = 2 dan r =
Maka jarak yang ditempuh bola untuk naik adalah :
S naik =
·         Maka jarak yang ditempuh bola sampai berhenti adalah :
S = jarak tempuh bola turun + jarak tempuh bola naik
S = 9 m + 6 m
S = 15 meter.
Berdasarkan jawaban di atas maka dapat diberi skor dengan menggunakan Rubrik Komunikasi, yaitu :
RUBRIK PENILAIAN KOMUNIKASI
Level
kategori
0


1

2

3



4
Bukan jawaban yang sesuai. Tidak menggunakan istilah – istilah dalam bahasa pengukuran, data dan peluang, aljabar, geometri dan bilangan

Jawaban salah, tetapi beberapa alasan dicoba mengemukakan

Jawaban benar, tetapi penalarannya tidak lengkap atau tidak jelas

Jawaban benar dan penelaran baik. Penjelsannya lebih lengkap dari level 2, tetapi mengandalkan pada pengetahuna konkret atau visual dari pengetahuan abstrak.

Jawaban sempurna, siswa menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar, geometri dan bilangan.

Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik Penalaran, yaitu :
Level = 4,
Karena jawaban sempurna, menggunakan pengetahuan dari bahasa pengukuran, aljabar, geometri dan bilangan. Menggunakan konsep komunikasi yaitu dengan mengkomunikasikan soal kebentuk gambar.




SOAL KONEKSI
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika

SOAL :
Sisi – sisi sebuah segitiga siku – siku membentuk sebuah barisan aritmatika. Jika sisi miring panjangnya 20 cm, hitunglah sisi – sisi lainnya.

Jawab :
                        A

                    a                                    20 cm                                                 


                       B                             ( a + b)                          C

Misalkan barisan aritmatika yang dibentuk oleh sisi – sisi segitiga siku – siku ABC adalah a,  (a+b), (a + 2b), dengan a + 2b = 20 (sisi miring)
a + 2 b = 20
                  a = 20 – 2b
Dengan menggunakan Dalil Phytagoras :
a2 + (a + b)2 = (a + 2b)2
(20 – 2b)2 + (20 – 2b + b)2 = 202
400 – 80b + 4b2 + (20 – b)2 = 400
400 – 80b + 4b2 + 400 – 40b + b2 = 400
5b2 – 120b + 400 = 0
b2 – 24 + 80 = 0
(b – 20)(b – 4) = 0
b = 20 dan b = 4
b = 20 (tidak memenuhi, karena sama dengan sisi miring)
jadi nilai b yang memenuhi adalah b = 4 cm
b = 4 cm maka a = 20 – 2b
a = 20 – (2)(4)
a = 20 – 8
a = 12
jadi panjang dua sisi segitiga siku – siku yang lainnya adalah 12 cm dan 16 cm
Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik , yaitu :
RUBRIK PENILAIAN KONEKSI
No
Skor
Kriteria
Ciri – ciri jawaban
1.








2.








3.










4.
4








3








2










1
Jawaban lengkap








Jawaban menggambarkan kompetensi dasar






Jawaban sebagian benar









Jawaban hanya sekedar upaya mendapatkan jawaban.
1.      Jawaban yang dikemukakan lengkap dan benar
2.      Menggambarkan problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi.
3.      Jika respon yang dinyatakan terbuka, semua jawaban benar.
4.      Hasil digambarkan secara lengkap
5.      Kesalahan kecil, misalnya pembulatan mungkin ada

1.      Jawaban yang dikemukakan dan benar
2.      Menggambarkan problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi.
3.      Jika respon yang dinyatakan terbuka, hamper semua jawaban benar.
4.      Hasil dijelaskan
5.      Kesalahan kecil, yang matematikanya mungkin ada

1.      Beberapa jawaban mungkin sudah dihilangkan
2.      Menggambarkan problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi.
3.      Terlihat kurangnya tingkat pemikiran yang tinggi.
4.      Kesimpulan yang dinyatakan namun tidak akurat
5.      Beberapa batasan mengenai pemahaman konsep matematika digambarkan.
6.      Kesalahan kecil yang matematikanya mungkin kecil

1. Jawaban yang dikemukakan namun tidak pernah mengembagkan ide – ide matematika
1.      Masih kurang ide dalam problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi
2.      Beberapa perhitungan dinyatakan salah.

Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik , yaitu :
Skor = 4,
Karena jawaban lengkap.  Jawaban yang dikemukakan lengkap dan benar,  menggambarkan problem solving, reasoning serta kemampuan komunikasi, dan respon yang dinyatakan terbuka, semua jawaban benar serta hasil digambarkan secara lengkap.



SOAL REPRESENTASI
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.

SOAL :
Pada malam pertunjukkan dalam rangka membantu korban bencana alam, ruangan tempat duduk untuk para penonton dibagi atas beberapa baris. Masing – masing baris terdiri dari 200 tempat duduk. Harga karcis baris terdepan Rp. 150.000,00 per orang dan harga kacis baris paling belakang sebesar Rp. 50.000,00 per orang. Selisih harga karcis untuk tiap baris itu sama. Jika semua karcis habis terjual maka panitia berharap akan memperoleh uang sebesar Rp. 120.000.000,00. Berapakah harga karcis per orang dari sebelum baris paling belakang?

Jawab :
Karena selisih harga karcis untuk tiap baris selalu sama maka masalah itu akan diselesaikan menggunakan deret aritmatika. Perolehan uang dari karcis kelompok paling depan sebagai suku pertama (a) dan perolehan uang dari karcis kelompok palinh belakang sebagai suku terakhir (Un).
a    = (200)(150.000) = 30.000.000
Un = (200)(50.000) = 10.000.000
Sn = 120.000.000
 
 
 
 
Ruangan tempat duduk dibagi atas 6 kelompok, maka harga karcis sebelum kelompok paling belakang adalah merupakan suku kelima (U5).
 
 
 
 
 
 
 
 
Jadi harga karcis per orang pada baris sebelum baris paling belakang adalah      Rp. 70.000,00
Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik , yaitu :



RUBRIK PENILAIAN REPRESENTASI
Kriteria
1
2
3
4
Ketepatan perhitungan
· Banyak kesalahan perhitungan
·   Ada beberapa kesalahan perhitungan
·   Salah menggunakan rumus
·   Sangat sedikit melakukan kesalahan perhitungan
·   Penggunaan rumus sudah benar
·   Sangat sedikit melakukan kesalahan perhitungan
·   Penggunaan rumus sudah tepat
·   Penyelesaian disajikan dengan rapi  dan baik
Penjelasan
· Tidak jelas
· Tidak memahami pola barisan dan deret aritmatika
·   Meragukan
·   Ada pemahaman pola
·   Ditulis dengan jelas
·   Memahami satu aspek hubungan suku ke – n dengan jumlah n suku pertama
·   Ditulis dengan jelas
·   Memahami kedua aspek hubungan suku ke – n dengan banyak suku ke - n
Jawaban yang didapat
·  Tidak benar sama sekali atau tidak menjawab sama sekali
· Tidak menggambarkan representasi dengan dunia nyata atau dengan symbol matematika
·   Sebagian jawaban benar
·   Sedikit menggambarkan representasi dengan dunia nyata atau dengan symbol matematika
·   Jawaban hampir sebagian besar benar
·   Hampir sebagian besar menggambarkan representasi dengan dunia nyata atau dengan symbol matematika
·   Jawaban yng diperoleh benar dan tepat
·   Sudah menggambarkan representasi dengan dunia nyata atau dengan symbol matematika


Dengan menggunakan rubrik penilaian Representasi di atas maka dapat dinilai jawaban mengenai persoalan taman kanak-kanak di atas yaitu :
·         Ketepatan Perhitungan
Nilai = 4 karena penggunaan rumus sudah benar dan perhitungan sudah tepat sesuai jumlah n suku pertama pada deret aritmatika..
·         Penjelasan
Nilai = 4 karena penjelasan ditulis dengan jelas dan memahami hubungan antara suku ke – n dengan jumlah n suku pertama pada deret aritmatika.
·         Jawaban yang didapat
Nilai = 4 karena jawaban yang diperoleh benar dan tepat dan dapat menggambarkan representasi dengan symbol matematika yaitu symbol untuk suku ke – n dan jumlah n suku pertama.

SOAL UNJUK KERJA
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.

SOAL :
Diagram di bawah ini menunjukkan tiga langkah pertama pola yang mengarah ke suatu fraktal yang dikenal sebagai Segitiga Sierpingski. Fraktal adalah adalah bentuk geometri kompleks yang dihasilkan dengan cara mengulangi proses – proses geometri sampai tak hingga kali.
Untuk mendapatkan Segitiga Sierpingski , proses yang dilakukan adalah :
·         Tentukan titik tengah sisi – sisi segitiga yang tidak diarsir
·         Hubungkan titik – titik tersebut sehingga membentuk segitiga baru dan arsir
·         Ulangi terus proses tersebut.
a.       Gambarkan langkah berikutnya dari pola di bawah ini.
b.      Jika luas segitiga yang tidak diarsir  (pada langkah 1) adalah 1 satuan luas, berapa luas daerah yang tidak diarsir pada:
1). Langkah 2
2).  Langkah 3
3).  Langkah 4
4). Langkah 5
5).  Langkah 10
6).  Langkah n, dimana n adalah bilangan asli.
c.   Kapan diperoleh luas daerah yang diarsir terbesar? Berikan alasan yang jelas!
 






Konsep matematika
Untuk menyelesaikan tugas ini, siswa harus menemukan pola – pola sehingga dapat menentukan luas daerah yang tidak diarsir pada langkah ke – n.
Penyelesaian
a.      
 






b.      Jika luas segitiga yang tidak diarsir  (pada langkah 1) adalah 1 satuan luas, maka luas daerah yang tidak diarsir pada :
1). Langkah 2 adalah
2).  Langkah 3 adalah
3).  Langkah 4 adalah
4). Langkah 5 adalah
5).  Langkah 10 adalah
6).  Langkah n, dimana n adalah bilangan asli adalah
c.   Luas  daerah yang tidak diarsir semakin lama semakin kecil dengan semakin bertambahnya nilai n. Ketika n   maka . Oleh karena itu luas daerah yang diarsir ketika n   adalah satu dikurangi nol atau sama dengan satu.
Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik , yaitu :
RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA
Skor
Kriteria
Ciri – ciri
4




3




2







1




0
Jawaban jelas dan menunjukkan alasan berdasarkan pengetahuan matematika mendalam yang berhubungan dengan tugas ini.

Jawaban menunjukkan pengetahuan matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.

Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurangnya pengetahuan matematika yang berhubungan dengan masalah ini.




Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan matematika yang berhubungan dengan masalah ini.

Jawaban menunjukkan sama sekali tidak ada pengetahuan matematika yang berhubungan dengan masalah ini.
Semua pemgetahuan dijawab dengan benar dan memberikan alasan yang layak untuk bagian c. sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima.

Bagian a dan b benar, tetapi jawaban c tidak tepat atau alasan lemah.



Bagian a benar, bagian b tidak benar atau tidak lengkap, jawaban benar tetapi alasan lemah atau bagian a salah tetapi semua atau hampir semua jawaban bagian b benar berdasarkan kesalahan dari bagian dari bagian a, dan jawaban c lemah.

Paling sedikit 2 bagian jawaban salah atau menunjukkan salah konsep.



Semua jawaban tidak ada yang benar.



Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik , yaitu :
Skor = 4,
Karena semua jawaban sempurna, menunjukkan alasan berdasarkan  pengetahuan matematika yang mendalam.









SOAL INVESTIGASI
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Mengidentifikasi pola, barisan dan deret bilangan/

SOAL :
Perhatikan gambar susuna korek api  berikut :
 




        Gambar 1                       Gambar2                                         Gambar 3
Berapakah banyak batang korek api yang diperlukan untuk menyusun n buah segitiga seperti pada gambar di atas ?
Jawab :
Untuk menentukan banyak korek api yang digunakan untuk membentuk                n segitiga dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
Banyak Segitiga
Banyak Batang Korek Api
Pola bilangan (Un)
1
3
(2).(1) + 1
2
5
(2).(2) + 1
3
7
(2).(3) + 1
4
9
(2).(4) + 1
5
11
(2).(4) +1
6
13
(2).(5) + 1
.
.
.
.
.
.
n

2n + 1

Dari tabel diperoleh banyak korek api yang dibutuhkan untuk membentuk n bua segitiga adalah sebanyak (2n + 1) buah korek api.
Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik Investigasi , yaitu :
RUBRIK PENILAIAN INVESTIGASI
Level
Kriteria Khusus
Catatan
4







3







2






1
·      Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
·      Gambar yang dibuat benar ( sesuai dengan susunan)
·      Menggunakan strategi – strategi yang sesuai
·      Tabelnya lengkap dan benar
·      Kesimpulan benar

·      Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
·      Gambar yang dibuat sebagiab besar benar ( sesuai dengan susunan)
·      Menggunakan strategi – strategi yang sesuai
·      Tabelnya lengkap dan benar
·      Kesimpulan benar

·      Menunjukkan pemahaman  terhadap sebagian  konsep pola bilangan
·      Gambar yang dibuat kurang benar
·      Menggunakan strategi  yang kurang sesuai
·      Tabelnya sebagian  benar
·      Kesimpulannya kurang benar

·      Menunjukkan sedikit atau tidak ada pemahaman  konsep pola bilangan
·      Gambar tidak benar atau tidak cocok
·      Menggunakan strategi  yang tidak  sesuai
·      Tabelnya data tidak benar
·      Kesimpulannya tidak benar




Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik Investigasi, yaitu :
Level = 4,
Karena adanya pemahaman konsep yangblebih terhadap konsep pola bilangan, gambar yang digunakan benar, strategi sesuai, tabel lengkap dan kesimpulan benar.

SOAL PROYEK
Materi pokok                  :     Barisan dan Deret Aritmatika
Kelas                              :     XI SMK
Standar Kompetensi      :     Menerapkan konsep barisan dan deret dalam    pemecahan masalah
Kompetensi Dasar          :     Mengidentifikasi pola, barisan dan deret bilangan

SOAL :
Silsilah keluarga Aira dinyatakan dengan diagram pohon di bawah ini:
 




                                                                                                      Generasi ke - 1                                                                                                                                                                                                                                               


                                                                                                     Generasi ke – 2




Dari diagram di atas, tentukan :
1.      Berapa jumlah kakek – nenek dari Aira?
2.      Berapa jumlah kakek – nenek buyut dari Aira?
3.      Berapa jumlah generasi ke belakang dari nenek moyang Aira, dari n nenek moyang yang pernah hidup sebelumnya?
Jawab :
1.      Jumlah kakek – nenek dari Aira ada sebanyak 4 orang
2.      Jumlah kakek – nenek buyut dari Aira adalah sebanyak 2 x 4 orang = 8 orang
3.      Berapa generasi ke belakang Aira mempunyai 1024 nenek moyang yang  pernah hidup sebelumnya, dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
Generasi ke belakang
Banyak orang dalam generasi
Pola
0
1
1
2
2
4
3
8
4
16
.
.
.
.
.
.
n
.

Aira mempunyai 1024 orang nenek – moyang yaitu pada n generasi ke belakang, dimana :
Jadi Aira mempunyai 1024 orang nenek – moyang pada generasi 10 ke belakang.
RUBRIK PENILAIAN PROYEK
Level
Kriteria Khusus
Catatan
4







3







2






1
·      Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
·      Gambar yang dibuat benar ( sesuai dengan susunan)
·      Menggunakan strategi – strategi yang sesuai
·      Tabelnya lengkap dan benar
·      Kesimpulan benar

·      Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep – konsep pola bilangan
·      Gambar yang dibuat sebagiab besar benar ( sesuai dengan susunan)
·      Menggunakan strategi – strategi yang sesuai
·      Tabelnya lengkap dan benar
·      Kesimpulan benar

·      Menunjukkan pemahaman  terhadap sebagian  konsep pola bilangan
·      Gambar yang dibuat kurang benar
·      Menggunakan strategi  yang kurang sesuai
·      Tabelnya sebagian  benar
·      Kesimpulannya kurang benar

·      Menunjukkan sedikit atau tidak ada pemahaman  konsep pola bilangan
·      Gambar tidak benar atau tidak cocok
·      Menggunakan strategi  yang tidak  sesuai
·      Tabelnya data tidak benar
·      Kesimpulannya tidak benar


Berdasarkan jawaban di atas, maka dapat diberikan skor jawaban tersebut dengan menggunakan Rubrik Investigasi, yaitu :
Level = 4,

Karena adanya pemahaman konsep yang lebih terhadap konsep pola bilangan, gambar yang digunakan benar, strategi sesuai, tabel lengkap dan kesimpulan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar