BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan
umum dari kegiatan belajar mengajar didalam kelas adalah agar siswa dapat
menguasai bahan-bahan pelajaran sesuai dengan tujuan-tujuan yang diharapkan.
Pada saat proses belajar mengajar dikelas selesai, guru mengharapkan agar siswa
menguasai materi pelajaran yang telah disampaikan dengan baik. Namun masih ada
sebagian siswa yang hasil belajarnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan
sebagaimana tercermin dalam hasil belajar yang mereka peroleh.
Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil
belajar mereka, untuk itu diharapkan guru harus mampu memperhatikan tingkat
kemampuan siswa, hal ini karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda
dalam menyerap materi pelajaran. Ada yang cenderung cepat dan ada yang lambat.
Maka harus dipertimbangkan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki hasil
belajar siswa.
Salah satu bantuan yang diberikan adalah menggunakan
Metode Permainan. Dengan diberikannya pengajaran dengan metode permainan
diharapkan siswa mendapat peningkatan baik dari segi pemahaman konsep maupun
dari hasil belajar siswa itu sendiri.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik mengkaji
suatu upaya untuk memperbaiki hasil belajar siswa khususnya pemahaman konsep
dasar dalam pelajaran matematika yang berjudul : “Perbedaaan Minat Belajar
Matematika Siswa yang Menggunakan Metode Permainan Domino Matematika dengan
Metode Ekspositori pada Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas V SD”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas maka rumusan masalah pada makalah ini adalah :
1.
Bagaimana minat belajar matematika
siswa dengan menggunakan metode permainan domino matematika pada pokok bahasan
pecahan di kelas V SD ?
2.
Bagaimana minat belajar matematika
siswa dengan menggunakan metode ekspositori pada pokok bahasan pecahan di kelas
V SD ?
3.
Bagaimana perbedaan minat
belajar matematika siswa yang menggunakan metode permainan domino matematika dengan metode
ekspositori pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD ?
C. Batasan Masalah
Batasan masalah dari makalah ini adalah :
1.
Penggunaan metode pembelajaran
dalam mengajarkan pokok bahasan pecahan di kelas V SD adalah metode permainan
domino matematika dan metode ekspositori.
D. Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan penulisan dari makalah ini adalah :
1.
Mengetahui minat belajar matematika
siswa yang menggunakan metode permainan domino matematika pada pokok bahasan
pecahan di kelas V SD.
2.
Mengetahui minat belajar
matematika siswa yang menggunakan metode ekspositori pada pokok bahasan pecahan
di kelas V SD.
3.
Mengetahui perbedaan pemahaman
konsep dasar materi matematika siswa
yang menggunakan metode permainan domino
matematika dengan metode ekspositori pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar