Translate

Senin, 19 Agustus 2013

DOMINO MATEMATIKA


BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan umum dari kegiatan belajar mengajar didalam kelas adalah agar siswa dapat menguasai bahan-bahan pelajaran sesuai dengan tujuan-tujuan yang diharapkan. Pada saat proses belajar mengajar dikelas selesai, guru mengharapkan agar siswa menguasai materi pelajaran yang telah disampaikan dengan baik. Namun masih ada sebagian siswa yang hasil belajarnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan sebagaimana tercermin dalam hasil belajar yang mereka peroleh.
Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar mereka, untuk itu diharapkan guru harus mampu memperhatikan tingkat kemampuan siswa, hal ini karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap materi pelajaran. Ada yang cenderung cepat dan ada yang lambat. Maka harus dipertimbangkan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar siswa.
Salah satu bantuan yang diberikan adalah menggunakan Metode Permainan. Dengan diberikannya pengajaran dengan metode permainan diharapkan siswa mendapat peningkatan baik dari segi pemahaman konsep maupun dari hasil belajar siswa itu sendiri.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik mengkaji suatu upaya untuk memperbaiki hasil belajar siswa khususnya pemahaman konsep dasar dalam pelajaran matematika yang berjudul : “Perbedaaan Minat Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Metode Permainan Domino Matematika dengan Metode Ekspositori pada Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas V SD”.




B.     Rumusan Masalah

       Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah pada makalah ini adalah :
1.      Bagaimana minat belajar matematika siswa dengan menggunakan metode permainan domino matematika pada pokok bahasan pecahan  di kelas V SD ?
2.      Bagaimana minat belajar matematika siswa dengan menggunakan metode ekspositori pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD ?
3.      Bagaimana perbedaan minat belajar matematika siswa yang menggunakan metode  permainan domino matematika dengan metode ekspositori pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD ?

C.    Batasan Masalah

       Batasan masalah dari makalah ini adalah :
1.      Penggunaan metode pembelajaran dalam mengajarkan pokok bahasan pecahan di kelas V SD adalah metode permainan domino matematika dan metode ekspositori.

D.    Tujuan Penulisan

       Adapun tujuan penulisan dari makalah ini adalah :
1.      Mengetahui minat belajar matematika siswa yang menggunakan metode permainan domino matematika pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD.
2.      Mengetahui minat belajar matematika siswa yang menggunakan metode ekspositori pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD.
3.      Mengetahui perbedaan pemahaman konsep dasar  materi matematika siswa yang menggunakan metode  permainan domino matematika dengan metode ekspositori pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar