Translate

Senin, 19 Agustus 2013

Teknik Mnemonik



  1. Pengertian Teknik Mnemonik
Teknik mnemonic ada yang mengatakan ‘jembatan keledai’ adalah teknik yang sudah dikenal di jaman Yunani dan Romawi kuno  yaitu mnemonikos yang artinya mengingat sehingga teknik mnemonics dapat membantu ingatan. Mnemonic digunakan pada tugas belajar yang berbeda dan merupakan proses atau teknik mengembangkan memori.
Menurut Eric Jeansen (2002: 72),  mnemonic merupakan suatu teknik untuk membantu mengingat dalam jumlah besar informasi yang melibatkan tiga unsur yaitu : pengkodean, pemeliharaan, dan mengingat kembali. Dengan menerapkan beberapa teknik mnemonic untuk mengingat sesuatu informasi proses ingatan akan lebih mudah, karena mnemonic selalu menggunakan prinsip asosiasi (penghubung) dengan sesuatu yang lain. Beberapa contoh penerapan teknik mnemonic.
Mnemonic adalah teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu yang dilakukan dengan membuat rumusan atau ungkapan, atau menghubungkan kata, ide, dan khayalan. Dengan kata lain mnemonic berarti teknik untuk mendayagunakan daya ingat dengan cara-cara tertentu.

Prinsip-prinsip dasar dalam proses belajar dan memori dalam meningkatkan daya ingat (http://rakathemaster.bogspot.com/2009/04/sistem-mnemonik.html) adalah:
1.      Imajinasi/Visualisasi
adalah sesuatu yang Anda gunakan untuk membuat dan memperkuat asosiasi yang dibutuhkan, untuk membuat mnemonic menjadi efektif. Imajinasi Anda adalah tool Anda untuk membuat mnemonic yang bermanfaat untuk Anda. Semakin kuat apa yang Anda imajinasikan dan visualisasi sebuah situasinya, maka semakin efektif pula akan melekat di dalam pikiran Anda jika suatu saat Anda perlu mengingatnya kembali. Gambaran imajinasi pikiran Anda dapat berupa kehebatan Anda, semangat Anda, atau sensualitas seperti yang Anda inginkan, selama hal tersebut dapat memudahkan ingatan Anda.


 Contoh: 
Seseorang ingin menulis bentuk-bentuk kubus dan balok yang ada dirumahnya pada saat pembelajaran disekolah. Pertama-tama siswa membayangkan setiap benda  atau ruangan yang terdapat dirumahnya dan menuliskan apa yang dikhayalkanya atau yang ada dalam imajinasi siswa kedalam kertas.
2.      Assosiasi
Assosiasi adalah sebuah metode yang digunakan untuk menghubungkan sesuatu yang perlu diingat dengan jalan untuk mengingatnya. Assosiasi akan dapat terjadi apabila siswa berusaha menghubungkan materi yang dipelajari dengan sesuatu hal yang telah diketahui.
Contoh:
Seorang guru yang akan mengajarkan kubus,  lalu guru memberikan contoh nyata dari bentuk kubus yaitu kotak kapur sebelum guru menggambarkan kubus dipapan tulis. Apabila guru menanyakan, ‘ada berapa titik sudut dari kubus ?’ maka siswa dapat menjawab dengan benar dengan mengasosiasikannya dengan kotak kapur yang ia lihat.
3.      Lokasi
Lokasi, dengan kata lain otak akan mengingat sesuatu yang mempunyai gambaran dan asosiasi yang berada pada lokasi.

Contoh:
Dalam mengajarkan kubus guru terlebih dahulu menunjukkan contoh nyata yang terdapat dilokasi proses pembelajaran atau yang sering kita sebut dengan ruang kelas. Misalkan saja kotak kapur. Sehingga apa yang ada pada ruangan kelas tersebut secara langsung, siswa dapat mengelompokkan mana-mana saja yang merupakan kubus dan balok.

C.    Penerapan Teknik Mnemonik dalam Pembelajaran Matematika
Ada banyak teknik mnemonic yang dapat dilakukan agar daya ingat bisa lebih kuat dan hapalan bisa bertahan lebih lama di kepala.Namun yang paling menonjol dan yang paling sering digunakan salah satunya adalah :



1.      Rima (Rhyme)
Rima (rhyme) adalah sajak yang dibuat sedemikian rupa yang isinya terdiri atas kata dan istilah yang harus diingat siswa. Sajak ini akan lebih baik pengaruhnya apabila diberi not-not sehingga dapat dinyanyikan.
Contoh:
Guru mengajar siswa mengenai rumus kubus dan balok dengan menggunakan irama lagu “naik-naik kepuncak gunung” dengan mengganti syair lagunya.
Ø  Rima untuk balok dan kubus dinyanyikan dengan melodi “naik-naik kepuncak gunung”.
NAIK – NAIK KE PUNCAK GUNUNG
DO=G
5    |  1   .   1  |  1   .   2  |  3      3     3 |   1   .     4 |   3    .    2 |   7     1     2   |   1   .   .   .   |
Na  -  ik    na - ik    ke - pun -  cak  gu -nung  ing -  gi   ting -  gi    se -   ka  -  li
Ku  - bus  ku  - bus  ba - ngun  ru  - ang          ti  -  tik  su  -  dut   de -  la   -  pan
Ba  - lok   ba  - lok  ba  - ngun  ru  - ang          ti  -  tik  su  -  dut   de -  la  -   pan

5    |  1   .   1  |  1   .   2  |  3      3     3 |   1   .     4 |   3    .    2 |   7     1     2   |   1   .   .   .   |
Na -  ik    na -  ik     ke - pun - cak  gu - nung   ting -  gi     ting -  gi    se -   ka  -    li
Si   -  si    ku -  bus  ben - tuk   per -  se - gi     jum - lah     si  -  si     e   -  nam
Si   -  si    ba  -  lok  per – segi  pan - jang       jum - lah      si   -  si    e   -  nam

5    |  6   .   6  |  4   .   6  |  5      5     5  |   3   .     5 |   5    .    4 |   2     3     4   |   3   .   4  |
Ki  -  ri     ka  - nan   ku - li - hat   sa  -  ja       ba -  nyak    po-   hon  ce-  ma  - ra
Lu  - as     ku  - bus   e  - nam   ka-      li       ru  -   su k    pa -   ng  - kat  du -     a
Lu  - as     ba  - lok   jum - lah   da -    ri        lu  -   as      si   -  si     si  -   si -  nya


5    |  6   .   6  |  4   .   6  |  5      5     5  |   3   .     5 |   5    .    4 |   2     3     2   |   1   .   .   |  1 0 |
Ki -   ri     ka - nan    ku  - li - hat   sa  - ja       ba -  nyak   po  - hon   ce - ma  -  ra
Vo -  lum  ku  - bus  ru  -  suk     ka  -  li         ru  -  suk   ka  -  li     ru    -   suk
Vo  - lum  ba  - lok   pan - jang   ka  -   li        le  - bar     ka  -  li     ti  - ng  - gi



Ø  Rima kubus dinyanyikan dengan melodi “Satu Nusa Satu Bangsa”.
SATU NUSA SATU BANGSA
Do = Bes
| 5   . 5     6    5    3  |   1   .  1    2    1   6    |   5    1   2    3     1|
Ku - bus   ku - bus     ba - ngun  ru - ang      ti - tik  su – dut
Ba – lok   ba - lok     ba  - ngun  ru  - ang     ti - tik  su  -  dut

| 2    3    3   .     |  5   .  5    6   6   3  |  1  .    1   2   1   6  |
de – la - pan       Si - si    ku - bus    ben - tuk  per – segi
de -  la – pan    Si -  si   ba  -  lok    per – segi  pan - jang


| 5    1   2     3   1  | 2   7  1 .  |  2 .   3     2      1 |
jum – lah   si – si  e - nam     Lu – as   ku - bus
jum - lah   si -  si  e – nam     Lu  - as  ba  - lok  

| 7 .   6    5  . | 4   . 4    3    3   |      4    3       2     .    |
  e -nam   ka - li     ru - suk       pang - kat   du-a
jum - lah   da -    ri    lu  -   as    si -  si    si - si - nya

| 5    .5     6   5   3  | 1  .  1      2  1   6 | 5   1  2   3    1 |  2  7  1  0||
Vo - lum ku - bus    ru – suk  ka – li   ru - suk  ka - li   ru – suk.
Vo - lum ba - lok   pan - jang   ka - li  le - bar   ka  -  li  ti - ng –gi.


KUBUS                                  
Kubus-kubus bangun ruang                           
Titik sudut delapan                                        
Sisi kubus bentuk persegi                               
Jumlah sisi enam                                            
Luas kubus                                                     
Enam kali rusuk pangkat dua                         
Volum kubus                                                  
Rusuk kali rusuk kali rusuk                            

BALOK
Balok-balok bangun ruang
Titik sudut delapan
Sisi balok persegi panjang
Jumlah sisi  enam
Luas balok
Jumlah dari luas sisi-sisinya
Volum balok
Panjang kali lebar kali tinggi

Ø  Untuk rima limas segi-empat dinyanyikan dengan melodi “Halo-halo Bandung”.
HALO – HALO BANDUNG

DO=G
5   |   3   .    .    2    .   7    |    2       1   .   5     .   6     .   7   |    1      7      6       5    |    7    .    .  . |
Ha-    lo          ha  -   lo    ban - dung     I   -    bu       ko  -    ta     pe  -    ri   -  a   -  ngan
Li  -  mas        se  -   gi    em  -  pat      li   -   ma        ti   -    tik   su  -   dut   -    nya













 
5   |   4   .    .    3    .    1   |      3       2    .       2    .   1    |    7      2       5        6   |  3     .   3    0
Ha  -   lo         ha   -    lo      ban  -  dung    ko  -     ta     ke  -  nang    ke  -  na   -    ngan
Em  -  pat       su   -   dut      a   -   las         sa   -   tu       ti   -   tik      pun  -   cak  -  nya












 
5   |   3   .    .    2    .   7    |    2      1     .    5     .    6      .   7   |    1       3      4      3   | 6   . 6 0  
Su  - dah        la -    ma      be   -  ta        ti     -  dak          ber  - jum -  pa    de  - ngan  ka-u
Vo -  lum       li   -  mas     I  - tu            se  -  per - ti-ga    lu - as     a - las    ka-li  ti - ng - gi




















 
6   .  7   |  1     .   7     2     .    1      7      6   |  5      3      5       1     3       3   .   4 
Se -  ka  - rang   te -   lah     men  -ja  -   di    la  - u   -  tan     a   -  pi    ma   -  ri  
Se - ka  - rang    te  - lah     ku  -  me - nger ti   ha - i    ka  - wan  ma -  ri     ber   

 2   .      2      6         7  |     1      .     1   0|
bung     re - but     kem   -   ba    -     li
hi    -   tung           kem  -   ba    -     li



LIMAS SEGI- EMPAT
            Limas segi-empat
Lima titik sudut-nya
Empat sudut alas
            Satu titik puncak-nya
Volum limas itu
            1/3 luas alas kali tinggi
Sekarang telah kumengerti, hai kawan
Mari berhitung kembali.




2.      Singkatan
Singkatan yaitu terdiri atas huruf-huruf awal, tengah, akhir nama atau istilah yang ditulis atau dihafalkan sebagai kata yang wajar supaya mudah diingat. Singkatan sering berbentuk kumpulan huruf tanpa makna, tapi membentuk suatu bunyi yang mudah diingat.
Contoh-contoh singkatan untuk mempermudah penulisan rumus yaitu:
-          Luas disingkat L                     -   Volum disingkat V
-          Lebar disingkat l                     -   Panjang disingkat p
-          Jari-jari disingkat r                  -   Tinggi disingkat t
-          Diameter disingkat d 






3.      Method of Loci (metode losal)
Metode losal yaitu kiat mnemonik yang menggunakan tempat-tempat khusus dan terkenal sebagai sarana penempatan kata dan istilah tertentu yang harus diingat. Dalam hal ini nama ibu kota, jalan, gedung terkenal dapat dipakai untuk mendapakan kata dan istilah yang memiliki kemiripan ciri dan keadaan.

Contoh:
·         Untuk mengingatkan siswa terhadap bentuk kubus, guru dapat mengasosiasikan kubus itu dengan kotak kapur. Dengan demikian siswa dapat memahami bentuk dari kubus itu dibandingkan dengan siswa hanya melihat gambar kubus dipapan tulis.
·         Untuk mengingatkan siswa terhadap bentuk balok : guru dapat mengasosiasikannya dengan kotak korek api.


4.      Key Word Sistem
Teknik kata kunci digunakan untuk mengingat data berupa kalimat panjang, dari pada menghafal kalimat yang panjang dan membosankan, kita mencari kata kunci yang ada dalam kalimat itu dan mengubahnya kedalam bentuk gambar yang lucu dan menarik.

Contoh:
Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang datar yang masing- masing berbentuk persegi. Yang menjadi kata kunci adalah kubus dibentuk enam persegi yang sama. Jadi jika kata kunci ini kita pahami, maka kita akan mampu menjelaskannya kepada orang lain apa itu kubus, bagaimana bentuknya, bahkan kita dapat mengetahui bagaimana cara mencari luas dan volum dari kubus tersebut dengan mengaitkannya dengan pelajaran yang sebelumnya yaitu mengenai persegi.
             = s  s
            Sisi pada persegi disebut rusuk pada kubus, jadi
             = 6rusukrusuk
             = pl  t
 kubus memiliki p = l = t maka:
             =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar