- Pengertian Teknik Mnemonik
Teknik mnemonic ada yang mengatakan ‘jembatan keledai’
adalah teknik yang sudah dikenal di jaman Yunani dan Romawi kuno yaitu mnemonikos
yang artinya mengingat sehingga teknik mnemonics dapat membantu ingatan.
Mnemonic digunakan pada tugas belajar yang berbeda dan merupakan proses atau
teknik mengembangkan memori.
Menurut Eric Jeansen (2002: 72), mnemonic
merupakan suatu teknik untuk membantu mengingat dalam jumlah besar informasi
yang melibatkan tiga unsur yaitu : pengkodean, pemeliharaan, dan mengingat
kembali. Dengan menerapkan beberapa teknik mnemonic untuk mengingat sesuatu
informasi proses ingatan akan lebih mudah, karena mnemonic selalu menggunakan
prinsip asosiasi (penghubung) dengan sesuatu yang lain. Beberapa contoh
penerapan teknik mnemonic.
Mnemonic
adalah teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu yang dilakukan dengan membuat
rumusan atau ungkapan, atau menghubungkan kata, ide, dan khayalan. Dengan kata
lain mnemonic berarti teknik untuk mendayagunakan daya ingat dengan cara-cara
tertentu.
Prinsip-prinsip dasar dalam proses belajar dan
memori dalam meningkatkan daya ingat (http://rakathemaster.bogspot.com/2009/04/sistem-mnemonik.html)
adalah:
1.
Imajinasi/Visualisasi
adalah
sesuatu yang Anda gunakan untuk membuat dan memperkuat asosiasi yang
dibutuhkan, untuk membuat mnemonic menjadi efektif. Imajinasi Anda adalah tool
Anda untuk membuat mnemonic yang bermanfaat untuk Anda. Semakin kuat apa yang
Anda imajinasikan dan visualisasi sebuah situasinya, maka semakin efektif pula
akan melekat di dalam pikiran Anda jika suatu saat Anda perlu mengingatnya
kembali. Gambaran imajinasi pikiran Anda dapat berupa kehebatan Anda, semangat
Anda, atau sensualitas seperti yang Anda inginkan, selama hal tersebut dapat
memudahkan ingatan Anda.
Contoh:
Seseorang ingin menulis bentuk-bentuk kubus dan
balok yang ada dirumahnya pada saat pembelajaran disekolah. Pertama-tama siswa
membayangkan setiap benda atau ruangan
yang terdapat dirumahnya dan menuliskan apa yang dikhayalkanya atau yang ada
dalam imajinasi siswa kedalam kertas.
2.
Assosiasi
Assosiasi adalah sebuah metode yang digunakan untuk
menghubungkan sesuatu yang perlu diingat dengan jalan untuk mengingatnya.
Assosiasi akan dapat terjadi apabila siswa berusaha menghubungkan materi yang
dipelajari dengan sesuatu hal yang telah diketahui.
Contoh:
Seorang guru yang akan mengajarkan kubus, lalu guru memberikan contoh nyata dari bentuk
kubus yaitu kotak kapur sebelum guru menggambarkan kubus dipapan tulis. Apabila
guru menanyakan, ‘ada berapa titik sudut dari kubus ?’
maka siswa dapat menjawab dengan benar dengan mengasosiasikannya dengan kotak kapur
yang ia lihat.
3.
Lokasi
Lokasi, dengan kata lain otak akan mengingat sesuatu
yang mempunyai gambaran dan asosiasi yang berada pada lokasi.
Contoh:
Dalam mengajarkan kubus guru terlebih dahulu
menunjukkan contoh nyata yang terdapat dilokasi proses pembelajaran atau yang
sering kita sebut dengan ruang kelas. Misalkan saja kotak kapur. Sehingga apa
yang ada pada ruangan kelas tersebut secara langsung, siswa dapat
mengelompokkan mana-mana saja yang merupakan kubus dan balok.
Ada banyak teknik mnemonic yang
dapat dilakukan agar daya ingat
bisa lebih kuat dan hapalan bisa bertahan lebih lama di kepala.Namun yang
paling menonjol dan yang paling sering digunakan salah satunya adalah :
1.
Rima
(Rhyme)
Rima (rhyme) adalah sajak yang dibuat sedemikian
rupa yang isinya terdiri atas kata dan istilah yang harus diingat siswa. Sajak
ini akan lebih baik pengaruhnya apabila diberi not-not sehingga dapat
dinyanyikan.
Contoh:
Guru
mengajar siswa mengenai rumus kubus dan balok dengan menggunakan irama lagu
“naik-naik kepuncak gunung” dengan mengganti syair lagunya.
Ø Rima
untuk balok dan kubus dinyanyikan dengan melodi “naik-naik kepuncak gunung”.
NAIK – NAIK KE PUNCAK GUNUNG
DO=G
5
| 1 .
1 | 1
. 2 |
3 3 3 |
1 . 4 |
3 . 2 |
7 1 2
| 1 .
. . |
Na
- ik na - ik
ke - pun - cak gu -nung
ing - gi ting -
gi se - ka - li
Ku
- bus ku - bus ba
- ngun ru - ang
ti -
tik su - dut de -
la - pan
Ba
- lok ba - lok ba
- ngun
ru - ang ti
- tik su
- dut de -
la - pan
5
| 1 .
1 | 1
. 2 |
3 3 3 |
1 . 4 |
3 . 2 |
7 1 2
| 1 .
. . |
Na -
ik na -
ik ke - pun - cak gu - nung
ting - gi ting -
gi se - ka - li
Si
- si ku -
bus ben - tuk per - se - gi
jum - lah si -
si e - nam
Si
- si ba - lok
per – segi pan - jang jum - lah si - si e - nam
5
| 6 .
6 | 4
. 6 |
5 5 5
| 3 .
5 | 5 .
4 | 2 3
4 | 3
. 4 |
Ki
- ri ka - nan ku
- li - hat sa - ja ba -
nyak po- hon
ce- ma - ra
Lu
- as ku - bus
e - nam ka- li
ru - su k
pa - ng -
kat du - a
Lu
- as ba - lok
jum - lah da - ri lu
- as si -
si si - si
- nya
5
| 6 .
6 | 4
. 6 |
5 5 5
| 3 .
5 | 5 .
4 | 2 3
2 | 1
. . | 1 0
|
Ki -
ri ka - nan ku -
li - hat sa - ja
ba - nyak po - hon ce -
ma -
ra
Vo -
lum ku - bus ru -
suk ka - li
ru -
suk ka -
li ru - suk
Vo
- lum ba - lok
pan - jang ka -
li le - bar
ka - li
ti - ng - gi
Ø Rima kubus dinyanyikan dengan melodi “Satu Nusa Satu Bangsa”.
SATU NUSA SATU BANGSA
Do = Bes
| 5 . 5 6
5 3 |
1 . 1
2 1 6
| 5 1
2 3 1|
Ku - bus ku -
bus ba - ngun ru - ang
ti - tik su – dut
Ba – lok ba - lok ba - ngun
ru - ang ti - tik su - dut
| 2 3 3
. | 5
. 5 6
6 3 |
1 . 1
2 1 6 |
de – la - pan
Si - si ku - bus ben - tuk
per – segi
de -
la – pan Si - si ba - lok per – segi
pan - jang
| 5 1 2
3 1 | 2
7 1 . | 2
. 3
2 1 |
jum – lah si –
si e - nam Lu – as
ku - bus
jum - lah si - si e – nam Lu - as ba - lok
| 7 . 6 5 .
| 4 . 4 3
3 | 4
3 2 .
|
e -nam ka - li
ru - suk pang - kat du-a
jum - lah da -
ri lu -
as si - si
si - si - nya
| 5 .5 6
5 3 | 1
. 1 2
1 6 | 5 1
2 3 1 |
2 7 1 0||
Vo - lum ku - bus
ru – suk ka – li ru - suk
ka - li ru – suk.
Vo - lum ba - lok pan - jang
ka - li le - bar ka
- li ti - ng –gi.
KUBUS
Kubus-kubus
bangun ruang
Titik sudut
delapan
Sisi kubus
bentuk persegi
Jumlah sisi enam
Luas kubus
Enam kali rusuk
pangkat dua
Volum kubus
Rusuk kali rusuk
kali rusuk
BALOK
Balok-balok
bangun ruang
Titik
sudut delapan
Sisi
balok persegi panjang
Jumlah
sisi enam
Luas
balok
Jumlah
dari luas sisi-sisinya
Volum
balok
Panjang
kali lebar kali tinggi
Ø Untuk
rima limas segi-empat dinyanyikan dengan melodi “Halo-halo Bandung”.
HALO
– HALO BANDUNG
DO=G
5 |
3 . .
2 . 7
| 2 1
. 5 .
6 . 7
| 1 7
6 5 |
7 . . .
|
Ha-
lo ha -
lo ban - dung I
- bu ko
- ta pe
- ri
- a - ngan
Li
- mas se
- gi em - pat li
- ma ti
- tik su
- dut - nya
5 |
4 . .
3 . 1 |
3 2 .
2 . 1
| 7 2
5 6 |
3 . 3 0
Ha
- lo ha -
lo ban - dung ko
- ta ke
- nang ke -
na
- ngan
Em
- pat su
- dut a
- las sa
- tu ti
- tik pun
- cak - nya
5 |
3 . .
2 . 7
| 2 1
. 5 .
6 . 7 |
1 3 4
3 | 6 . 6 0
Su
- dah la - ma
be - ta
ti -
dak ber - jum -
pa de - ngan
ka-u
Vo -
lum li -
mas I - tu
se - per
- ti-ga lu - as a - las
ka-li ti - ng - gi
6 .
7 | 1
. 7 2
. 1 7
6 | 5 3
5 1 3
3 . 4
Se -
ka - rang te -
lah men -ja - di la - u - tan
a - pi
ma - ri
Se - ka - rang
te - lah ku - me - nger ti
ha - i ka - wan ma -
ri ber
2
. 2 6
7 | 1
. 1 0|
bung
re - but kem -
ba - li
hi
- tung kem
- ba -
li
LIMAS
SEGI- EMPAT
Limas segi-empat
Lima titik
sudut-nya
Empat sudut alas
Satu
titik puncak-nya
Volum limas itu
1/3
luas alas kali tinggi
Sekarang telah
kumengerti, hai kawan
Mari berhitung
kembali.
2.
Singkatan
Singkatan
yaitu terdiri atas huruf-huruf awal, tengah, akhir nama atau istilah yang
ditulis atau dihafalkan sebagai kata yang wajar supaya
mudah diingat. Singkatan sering berbentuk kumpulan huruf tanpa makna, tapi
membentuk suatu bunyi yang mudah diingat.
Contoh-contoh
singkatan untuk mempermudah penulisan rumus yaitu:
-
Luas disingkat L - Volum
disingkat V
-
Lebar disingkat l -
Panjang disingkat p
-
Jari-jari disingkat r - Tinggi disingkat t
-
Diameter disingkat d
3.
Method
of Loci (metode losal)
Metode
losal yaitu kiat mnemonik yang menggunakan tempat-tempat khusus dan terkenal
sebagai sarana penempatan kata dan istilah tertentu yang harus diingat. Dalam
hal ini nama ibu kota, jalan, gedung terkenal dapat dipakai untuk mendapakan
kata dan istilah yang memiliki kemiripan ciri dan keadaan.
Contoh:
·
Untuk mengingatkan siswa terhadap bentuk
kubus, guru dapat mengasosiasikan kubus itu dengan kotak kapur. Dengan demikian
siswa dapat memahami bentuk dari kubus itu dibandingkan dengan siswa hanya
melihat gambar kubus dipapan tulis.
·
Untuk mengingatkan siswa terhadap bentuk
balok : guru dapat mengasosiasikannya dengan kotak korek api.
4.
Key
Word Sistem
Teknik
kata kunci digunakan untuk mengingat data berupa kalimat panjang, dari pada
menghafal kalimat yang panjang dan membosankan,
kita mencari kata kunci yang ada dalam kalimat itu dan mengubahnya kedalam
bentuk gambar yang lucu dan menarik.
Contoh:
Kubus
adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang datar yang masing- masing
berbentuk persegi. Yang menjadi kata kunci adalah kubus dibentuk enam persegi
yang sama. Jadi jika kata kunci ini kita pahami, maka kita akan mampu menjelaskannya
kepada orang lain apa itu kubus, bagaimana bentuknya, bahkan kita dapat
mengetahui bagaimana cara mencari luas dan volum dari kubus tersebut dengan
mengaitkannya dengan pelajaran yang sebelumnya yaitu mengenai persegi.
= s s
Sisi pada persegi disebut rusuk pada
kubus, jadi
= 6rusukrusuk
= pl t
kubus memiliki p = l = t maka:
=
Tidak ada komentar:
Posting Komentar