A.
Judul
Judul penelitian tindakan kelas (PTK) harus memuat
unsur-unsur sebagai berikut:
1)
Ada masalah yang akan diteliti
(variabel Y)
2)
Ada tindakan untuk mengatasi
masalah (variabel X)
3)
Ada subjek (siswa kelas…….)
4)
Lokasi yang spesifik (tempat
dan waktu penelitian).
Sedangkan pola judul dalam PTK adalah:
1)
Penerapan X untuk Meningkatkan
Y pada Mata Pelajaran … Kelas ….. Sekolah….
2)
Upaya Meningkatkan Y Melalui X
pada Mata Pelajaran … Kelas ….. Sekolah….
3)
Optimalisasi X untuk
Meningkatkan Y pada Mata Pelajaran ……. Kelas …… Sekolah……..
4)
Peningkatan Y Melalui X pada
Mata Pelajaran ….. Kelas…… Sekolah…..
5)
Peningkatan Y dengan menerapkan
X pada Mata Pelajaran …. Kelas… Sekolah…..
B.
Latar belakang masalah
Dalam latar belakang masalah di dalam PTK, peneliti
menjelaskan beberapa hal yaitu:
1)
Mengapa masalah yang diteliti
itu penting
2)
Kondisi yang diharapkan dan
kondisi yang ada sehingga jelas adanya kesenjangan yang merupakan masalah yang
merupakan masalah yang menuntut untuk dicari pemecahan yang tepat melalui PTK.
3)
Kemukakan secara jelas bahwa
yang akan diteliti merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di dalam PBM.
4)
Gejala-gejala kesenjangan apa
yang terdapat di lapangan sebagai dasar pemikiran untuk memunculkan
permasalahan.
5)
Dalam pemaparan latar belakang
masalah pada umumnya memakai pendekatan deduksi, yakni dari hal-hal yang
sifatnya umum ke hal-hal yang sifatnya khusus (kerucut terbalik).
C.
Identifikasi masalah
Identifikasi masalah dalam PTK adalah kegiatan mendeteksi,
melacak, menjelaskan aspek permasalahan yang muncul dan berkaitan dari judul
penelitian atau variabel yang akan diteliti. Hasil identifikasi dapat diangkat beberapa permasalahan yang
saling berkaitan satu dengna yang lainnya.
D.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam PTK adalah beberapa pertanyaan
yang akan terjawab setelah tindakan selesai dilakukan. Perumusan masalah
dirumuskan dengan kalimat tanya dengan pengajuan alternatif tindakan yang akan
dilakukan. Rumusan masalah merupakan titik tolak bagi rumusan hipotesis
nantinya. Dari rumusan masalah dapat menghasikan topik penelitian atau judul
dari penelitian. Rumusan masalah biasanya dirumuskan dalam bentuk pertanyaan.
Rumusan masalah hendaknya jelas, padat, dan tidak bertele-tele. Rumusan masalah
harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah. Hindari rumusan
masalah yang terlalu umum atau terlalu sempit, terlalu bersifat lokal atau
terlalu argumentatif. Pola rumusan masalah adalah: (1) Apakah X dapat
meningkatkan Y?; dan (2) Bagaimana X dapat meningkatkan Y?
E.
Cara memecahkan masalah penelitian tindakan kelas
Cara memecahkan masalah adalah cara atau tindakan yang
akan digunakan dalam pemecahan masalah dalam PTK. Dalam cara memecahkan masalah
dalam PTK uraian alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan
masalah. Pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang akan
diteliti hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara
pemecahan masalah ditentukan berdasarkan pada akar penyebab permasalahan dalam
bentuk tindakan (action) secara jelas
dan terarah.
F.
Hipotesis tindakan
Rumuskan hipotesis tindakan berdasarkan pada cara
memecahkan masalah pada PTK.
G.
Tujuan penelitian tindakan kelas
Rumuskan tujuan PTK berdasarkan topik atau masalah PTK.
Tujuan PTK merupakan jawaban terhadap masalah penelitian. Keinginan peneliti
atas hasil PTK dengan mengetengahkan indikator-indikator apa yang hendak
ditemukan didalam PTK, terutama yang berkaitan dengan variabel penelitian.
Tujuan penelitian harus terjawab dalam kesimpulan hasil penelitian. Tujuan
penelitian harus dinyatakan secara spesifik, dalam pernyataan yang jelas dan
tegas sehingga tidak mengundang kesimpangsiuran arti dalam memaparkan
hasil-hasil yang diharapkan dari PTK.
H.
Manfaat penelitian tindakan kelas
Rumusan manfaat penelitian berdasarkan pada topik atau
masalah PTK. Manfaat penelitian menguraikan dampak dari tercapainya tujuan PTK.
Uraikan konstribusi hasil PTK memiliki potensi untuk memperbaiki mutu
pembelajaran di kelas, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun
pihak-pihak lain yang terkait dengan PTK.
I.
Rencana dan prosedur penelitian tindakan kelas
Menurut Arikunto Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan,
yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas sacara bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar