Translate

Selasa, 01 Desember 2015

Teori Vygotsky Perkembangan Anak


Vygotsky merumuskan beberapa persyaratan atau kriteria yang harus dipenuhi oleh model anak pembangunan. Pertama, model harus jelas, daripada deskriptif. Lebih khusus lagi, Model harus diatur oleh prinsip-prinsip besar yang bisa menjelaskan pembangunan "sebagai single proses pengembangan diri "(Vygotsky, 1934/1998b, hal. 189). Kedua, model harus mempertimbangkan seluruh anak, sebagai orang yang tidak terpisahkan. Ketiga, masa kanak-kanak harus dibagi ke dalam periode, di mana setiap. Periode ini ditandai dengan cara berprinsip dan terpadu. Artinya, jelas abstrak yang sama prinsip harus digunakan untuk mengkarakterisasi setiap periode (maka kesatuan), tapi beton manifestasi dari hubungan abstrak harus ditemukan dan ditandai untuk tertentu isi setiap periode usia.
Untuk memenuhi persyaratan ini, Vygotsky mengusulkan agar setiap periode masa kanak-kanak harus ditandai abstrak oleh struktur psikologis, himpunan relasi terpisahkan antara psikologis fungsi (misalnya, persepsi, memori sukarela, ucapan, pikiran). Struktur ini harus mencerminkan Seluruh anak (misalnya, sebagai orang yang terlibat dalam hubungan sosial yang terstruktur dengan orang lain) - tidak hanya sebagai deskripsi kualitas anak, tetapi juga sebagai gambaran hubungan anak padanya lingkungan. Dari sudut pandang psikologis, keseluruhan ini digambarkan sebagai struktur terintegrasi hubungan antara maju dan berkembang fungsi psikologis yang lebih tinggi diperoleh melalui interaksi material. Ini deskripsi psikologis seorang anak berfokus pada keterkaitan antara fungsi, daripada mempertimbangkan fungsi psikologis individu dalam isolasi. Sebagai contoh, dua- tahun anak-anak cenderung lebih diarahkan oleh reaksi terhadap apa yang mereka dapat langsung melihat dari dengan formasi yang disengaja mzereka kemungkinan yang dibayangkan (yaitu, pikiran). Dalam hal ini, fungsi persepsi, pikiran, dan akan berdiri dalam hubungan tertentu satu sama lain, seperti persepsi yang mendominasi dalam kaitannya dengan keinginan dan pemikiran (Vygotsky, 1934/1982d, hal. 104). Psikologis Struktur mengacu pada hubungan struktural antara himpunan fungsi psikologis.
Fokus pada keseluruhan menghalangi pendekatan metodologis yang mempertimbangkan fungsi tertentu tanpa mempertimbangkan hubungan mereka dengan keseluruhan. Dengan cara ini, Vygotsky dapat mewujudkan tujuannya "Pengembangan pemahaman sebagai suatu proses yang ditandai oleh kesatuan materi dan mental aspek, suatu kesatuan sosial dan pribadi selama pendakian anak sampai tahap pembangunan "(hal. 190). Kedua kesatuan (bahan / mental dan sosial / pribadi) adalah alternatif cara untuk mengekspresikan ide yang sama, dan mereka berdua kesatuan karena psikologis anak struktur (yaitu, mental, pribadi) selalu mencerminkan hubungannya dengan sosial dan material.
Vygotsky diusulkan untuk menggambarkan perkembangan anak, dari bayi sampai remaja, sebagai seri periode stabil yang relatif lama (satu sampai empat tahun), diselingi oleh periode pendek krisis (Lihat Mahn, buku ini, untuk account yang komprehensif model Vygotsky periode usia, juga Davydov, 1988, hlm 63-87). Untuk menjelaskan penyebab-dinamis perkembangan ini, kita harus memberi pertanggungan jawab bagaimana dan mengapa ada perubahan kualitatif dalam struktur psikologis yang karakteristik untuk setiap periode usia. Titik awal untuk penjelasan Vygotsky adalah anak yang tertentu, namun komprehensif, hubungan dengan lingkungannya, ditunjuk sebagai situasi sosial pembangunan. "Situasi sosial dari pembangunan merupakan momen awal untuk semua dinamis perubahan yang terjadi dalam pembangunan selama periode tertentu, "Oleh karena itu, untuk mempelajari dinamika dari setiap usia, yang pertama harus menjelaskan situasi sosial pembangunan (Vygotsky, 1934/1998b, hal. 198).
Setiap periode usia memiliki karakteristik utama baru-formasi dalam kaitannya dengan mana psikologis fungsi mengembangkan (Vygotsky, 1934/1998b, hal. 197). Ini baru pembentukan diatur dalam sosial Situasi pembangunan oleh kontradiksi dasar antara kemampuan saat anak (seperti diwujudkan dalam fungsi psikologis sebenarnya dikembangkan), kebutuhan dan keinginan anak, dan tuntutan dan kemungkinan lingkungan. Dalam mencoba mengatasi kontradiksi ini (sehingga dapat mewujudkan aktivitas), anak terlibat dalam tugas beton yang berbeda dan interaksi tertentu, yang dapat mengakibatkan pembentukan fungsi baru atau pengayaan fungsi yang ada. Itu pusat baru-formasi yang diproduksi untuk periode usia tertentu merupakan konsekuensi dari interaksi anak dalam situasi sosial pembangunan dengan fungsi psikologis yang relevan yang belum matang. (Untuk analisis konkret untuk periode usia bayi, lih Vygotsky, 1934/1998a, terutama hlm 215. - 216, untuk elaborasi berguna dan terkait konsepsi Vygotsky pembangunan, lih. Schneuwly, 1994, hal 282-284.)
Banyak (bahkan sebagian besar) dari tindakan spesifik anak dalam kehidupan sehari-hari tidak perlu berorientasi menghadapi kontradiksi ini (kadang-kadang disebut aktivitas dominan). Namun, fungsi diperlukan untuk transisi ke masa zaman baru (yaitu, perubahan struktural dalam organisasi fungsi) terbentuk dan diuraikan (dalam kaitannya dengan pusat baru-formasi) dalam situasi di mana anak terlibat dalam tindakan khusus yang relevan dengan kontradiksi ini. Setiap periode memiliki terkemuka Kegiatan yang merupakan sumber utama pembangunan dalam jangka waktu (Vygotsky, 1967, hlm 15-16). Itu gagasan "Kegiatan terkemuka" adalah cara untuk mengidentifikasi hubungan tertentu dalam situasi sosial pembangunan yang cenderung untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan fungsi yang mengarah ke reorganisasi struktural fungsi psikologis anak. (Ide ini umumnya telah kemudian dihubungkan dengan teori aktivitas dan dikembangkan secara lebih rinci, misalnya, El'konin, 1999.) Kegiatan itu sendiri tidak mengembangkan anak, melainkan dalam rangka mewujudkan kegiatan terkemuka, anak terlibat dalam tindakan yang berfungsi untuk mengembangkan fungsi psikologis yang diperlukan untuk kegiatan itu. Baru-formasi adalah produk, bukan prasyarat, suatu periode usia (Vygotsky, 1934/1998b, hal. 198).
Adalah penting untuk mengenali bahwa periode usia dipahami sebagai historis maupun materil dibangun - historis karena fungsi dibangun melalui sejarah manusia praktek, material karena fungsi dikembangkan sebagai konsekuensi dari tugas dan interaksi dengan orang lain. Situasi sosial dari pembangunan menyediakan cara untuk menggambarkan interaksi antara bentuk historis dibangun praktek dengan kepentingan dan tindakan anak itu sendiri diaktifkan oleh periode usia saat anak. Alih-alih menjadi penerima pasif tujuan lingkungan, anak adalah selektif tentang apa yang dirasakan dan menarik. Hubungan ini perubahan dengan setiap periode usia tertentu, yang mencerminkan struktur fungsi psikologis untuk usia itu. (Lihat Lampert Shepel, 1995, hlm 429-431, untuk tampilan yang terkait.)
Perubahan dalam hubungan sejarah akan miring peneliti untuk memprediksi perubahan psikologis fungsi (lihat Bodrova dan Leong, buku ini, untuk pembahasan pertanyaan ini dalam kaitannya dengan awal masa kanak-kanak). Adalah penting untuk mengenali bahwa periode ini tidak mencerminkan kebutuhan biologis (karena sumber organik genetik atau lainnya), meskipun perkembangan psikologis yang lebih tinggi fungsi (misalnya, persepsi, memori sukarela, berbicara, berpikir) tergantung pada alam ini kondisi. Ketika Vygotsky menulis tentang 'usia', maka dipahami sebagai mencerminkan psikologis kategori dan tidak hanya karakteristik temporal. Dengan demikian, dalam pernyataannya, "tingkat aktual pembangunan ditentukan oleh usia itu, tahap itu atau fase dalam usia tertentu bahwa anak mengalami pada waktu itu "(Vygotsky, 1934/1998b, hal. 199), seseorang dapat memahami 'dalam usia tertentu' untuk merujuk pada periode perkembangan. Demikian pula, tidak ada fungsi psikologis "murni" dalam rasa modul biologis yang diberikan atau fakultas. Sebaliknya mereka terbentuk, secara historis di perkembangan filogenetik masyarakat manusia, dan individual dalam pengembangan ontogenetic orang dalam masyarakat tersebut.

Zona Pengembangan proksimal dalam Teori Vygotsky Perkembangan Anak
Kita sekarang dapat menggunakan model ini perkembangan anak, seperti Vygotsky lakukan, untuk memperkenalkan gagasan zona pengembangan proksimal. Zona perkembangan proksimal digunakan untuk dua tujuan yang berbeda dalam analisis perkembangan psikologis (misalnya, transisi dari satu periode usia yang lain). Satu tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis jatuh tempo fungsi psikologis (dan interaksi sosial terkait dengan mereka) yang diperlukan untuk transisi dari satu periode usia ke yang berikutnya. Yang lain adalah untuk mengidentifikasi keadaan saat anak dalam kaitannya dengan mengembangkan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk transisi itu. Mari kita mempertimbangkan setiap penggunaan pada gilirannya.
Untuk setiap periode usia, ada sekelompok fungsi psikologis yang jatuh tempo dalam kaitannya dengan pusat baru-formasi, dan yang akan mengarah pada restrukturisasi fungsi yang ada ke pembentukan struktur baru. Hasil ini baru formasi dalam transisi ke periode usia berikutnya. Untuk kejelasan referensi, saya akan menunjuk ini konstelasi tripartit 'zaman sekarang', 'jatuh tempo fungsi ', dan' usia berikutnya 'sebagai zona tujuan pembangunan proksimal. Zona ini adalah 'obyektif' dalam arti bahwa ia tidak mengacu pada setiap individu anak, tetapi mencerminkan fungsi psikologis yang perlu dibentuk selama periode usia tertentu, dalam rangka untuk periode usia berikutnya yang akan dibentuk.
The 'obyektif' zona tidak didefinisikan a priori, tetapi mencerminkan hubungan struktural yanghistoris dibangun dan obyektif merupakan periode sejarah di mana anak tinggal. Orang bisa mengatakan bahwa zona untuk periode usia tertentu adalah normatif, dalam hal itu mencerminkan dilembagakan tuntutan dan harapan yang berkembang secara historis dalam tradisi masyarakat tertentu praktek. Misalnya, anak usia sekolah diharapkan mengembangkan kemampuan untuk alasan dengan akademik (yaitu, ilmiah) konsep. Individu yang tidak mengembangkan kemampuan ini dapat dikatakan memiliki berbeda. Struktur intelektual daripada kebanyakan anak usia sekolah. Penalaran dengan konsep adalah spesifik manifestasi dari baru-formasi untuk usia ini, yang menunjukkan Vygotsky sadar kesadaran dan volition.1
Semua fungsi mental utama baru yang secara aktif berpartisipasi dalam instruksi sekolah terkait dengan formasi baru yang penting dari zaman ini, yaitu, dengan kesadaran dan kemauan. Ini adalah fitur yang membedakan semua fungsi mental yang lebih tinggi yang mengembangkan selama periode ini. (Vygotsky, 1934/1987, hal. 213)
Dengan kondisi obyektif yang berbeda (yaitu, situasi sosial pembangunan), seperti kehidupan anak yang bekerja di pabrik-pabrik Inggris selama abad ke-19 (lihat Marx 1867/1990, Bab. 10, sekte. 3-6), maka orang akan perlu untuk menandai zona tujuan yang berbeda perkembangan proksimal untuk diberikan periode usia. Untuk zona tujuan tertentu perkembangan proksimal, adalah mungkin untuk (berusaha) menilai saat ini negara pembangunan anak individu (dalam kaitannya dengan zona obyektif). Menurut Teori Vygotsky, fungsi jatuh tempo adalah sumber dari perubahan dalam struktur internal dari diberikan periode usia. Prosedur penilaian harus bertujuan untuk mengidentifikasi status ini jatuh tempo fungsi. Karena fungsi-fungsi ini tidak memadai untuk kinerja independen, itu adalah diperlukan untuk mengidentifikasi mereka melalui dinamis, prosedur interaktif yang memberikan indikasi untuk memperkirakan tingkat perkembangan mereka (lihat Lidz dan Gindis, buku ini, untuk luas diskusi prosedur tersebut). Perkiraan ini dapat dipahami secara relatif - yaitu, keadaan saat ini fungsi jatuh tempo relatif terhadap perubahan struktural yang menjadi ciri berikutnya periode usia. Satu dapat merujuk pada sejauh mana fungsi yang jatuh tempo anak menyadari struktur periode usia berikutnya sebagai zona subjektif dari perkembangan proksimal. Hal ini disebut 'Subyektif' untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang berbicara tentang perkembangan seorang individu di kaitannya dengan tujuan, periode perkembangan selanjutnya historis terbentuk.

Singkatnya, fitur utama dari analisis zona perkembangan proksimal adalah: (a) anak secara keseluruhan, (b) struktur internal (yaitu, hubungan antara fungsi psikologis), (c) pembangunan sebagai perubahan kualitatif dalam hubungan struktural, (d) dibawa dari tindakan anak dalam situasi sosial pembangunan (yang mencerminkan apa yang anak merasakan dan tertarik), di mana (e) setiap periode usia memiliki aktivitas terkemuka / kontradiksi yang mengatur tindakan anak (di mana kepentingan subyektif adalah operasi) dan yang memberikan kontribusi bagi pengembangan fungsi-fungsi baru. Zona perkembangan proksimal adalah cara untuk merujuk pada kedua fungsi yang berkembang ontogenetically untuk periode usia tertentu (tujuan), dan negara saat anak pembangunan di kaitannya dengan fungsi-fungsi yang idealnya perlu direalisasikan (subyektif). Dalam hal ini, zona pengembangan proksimal adalah baik teoritis dan penemuan empiris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar