Translate

Kamis, 25 Februari 2016

PROSES DAN TAHAPAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


A.       Judul
Judul penelitian tindakan kelas (PTK) harus memuat unsur-unsur sebagai berikut:
1)      Ada masalah yang akan diteliti (variabel Y)
2)      Ada tindakan untuk mengatasi masalah (variabel X)
3)      Ada subjek (siswa kelas…….)
4)      Lokasi yang spesifik (tempat dan waktu penelitian).
Sedangkan pola judul dalam PTK adalah:
1)      Penerapan X untuk Meningkatkan Y pada Mata Pelajaran … Kelas ….. Sekolah….
2)      Upaya Meningkatkan Y Melalui X pada Mata Pelajaran … Kelas ….. Sekolah….
3)      Optimalisasi X untuk Meningkatkan Y pada Mata Pelajaran ……. Kelas …… Sekolah……..
4)      Peningkatan Y Melalui X pada Mata Pelajaran ….. Kelas…… Sekolah…..
5)      Peningkatan Y dengan menerapkan X pada Mata Pelajaran …. Kelas… Sekolah…..

B.        Latar belakang masalah
Dalam latar belakang masalah di dalam PTK, peneliti menjelaskan beberapa hal yaitu:
1)      Mengapa masalah yang diteliti itu penting
2)      Kondisi yang diharapkan dan kondisi yang ada sehingga jelas adanya kesenjangan yang merupakan masalah yang merupakan masalah yang menuntut untuk dicari pemecahan yang tepat melalui PTK.
3)      Kemukakan secara jelas bahwa yang akan diteliti merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di dalam PBM.
4)      Gejala-gejala kesenjangan apa yang terdapat di lapangan sebagai dasar pemikiran untuk memunculkan permasalahan.
5)      Dalam pemaparan latar belakang masalah pada umumnya memakai pendekatan deduksi, yakni dari hal-hal yang sifatnya umum ke hal-hal yang sifatnya khusus (kerucut terbalik).

C.       Identifikasi masalah
Identifikasi masalah dalam PTK adalah kegiatan mendeteksi, melacak, menjelaskan aspek permasalahan yang muncul dan berkaitan dari judul penelitian atau variabel yang akan diteliti. Hasil identifikasi  dapat diangkat beberapa permasalahan yang saling berkaitan satu dengna yang lainnya.

D.       Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam PTK adalah beberapa pertanyaan yang akan terjawab setelah tindakan selesai dilakukan. Perumusan masalah dirumuskan dengan kalimat tanya dengan pengajuan alternatif tindakan yang akan dilakukan. Rumusan masalah merupakan titik tolak bagi rumusan hipotesis nantinya. Dari rumusan masalah dapat menghasikan topik penelitian atau judul dari penelitian. Rumusan masalah biasanya dirumuskan dalam bentuk pertanyaan. Rumusan masalah hendaknya jelas, padat, dan tidak bertele-tele. Rumusan masalah harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah. Hindari rumusan masalah yang terlalu umum atau terlalu sempit, terlalu bersifat lokal atau terlalu argumentatif. Pola rumusan masalah adalah: (1) Apakah X dapat meningkatkan Y?; dan (2) Bagaimana X dapat meningkatkan Y?

E.        Cara memecahkan masalah penelitian tindakan kelas
Cara memecahkan masalah adalah cara atau tindakan yang akan digunakan dalam pemecahan masalah dalam PTK. Dalam cara memecahkan masalah dalam PTK uraian alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah. Pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang akan diteliti hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan masalah ditentukan berdasarkan pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan (action) secara jelas dan terarah.

F.        Hipotesis tindakan
Rumuskan hipotesis tindakan berdasarkan pada cara memecahkan masalah pada PTK.

G.       Tujuan penelitian tindakan kelas
Rumuskan tujuan PTK berdasarkan topik atau masalah PTK. Tujuan PTK merupakan jawaban terhadap masalah penelitian. Keinginan peneliti atas hasil PTK dengan mengetengahkan indikator-indikator apa yang hendak ditemukan didalam PTK, terutama yang berkaitan dengan variabel penelitian. Tujuan penelitian harus terjawab dalam kesimpulan hasil penelitian. Tujuan penelitian harus dinyatakan secara spesifik, dalam pernyataan yang jelas dan tegas sehingga tidak mengundang kesimpangsiuran arti dalam memaparkan hasil-hasil yang diharapkan dari PTK.

H.       Manfaat penelitian tindakan kelas
Rumusan manfaat penelitian berdasarkan pada topik atau masalah PTK. Manfaat penelitian menguraikan dampak dari tercapainya tujuan PTK. Uraikan konstribusi hasil PTK memiliki potensi untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun pihak-pihak lain yang terkait dengan PTK.


I.          Rencana dan prosedur penelitian tindakan kelas
Menurut Arikunto Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas sacara bersama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar